Games Populer di Tahun 2010 Hingga Sekarang, MOUNT & BLADE : WARBAND, SPLINTER CELL: CONVICTION, METRO 2033

MOUNT &  BLADE : WARBAND


Warband sebenarnya merupakan stand-alone-expansion dari game Mount & Blade. Sebagai sebuah game standalone, ia tak butuh versi original agar bisa di-mainkan. Namun sebagai sebuah game expansion, Anda tak bisa berharap banyak bahwa Warband akan berbeda dari seri originalnya. Grafik misalnya, nyaris tidak mengalami perubahan. Kualitas grafik Mount &c Blade: Warband masuk dalam nominasi terburuk, jika diband-ingkan dengan game-game RPG terbaru saat ini. Penggambaran karakter yang kaku dan lingkungan yang relatif sepi membuat Warband terasa out of date.



Kekurangan Warband tidak hanya di sektor grafik, game ini juga nyaris tidak punya alur cerita. Anda hanya dapat memilih latar belakang sang karakter dan motivasinya, itu pun hanya dalam bentuk teks. Beruntung Warband masih memberikan opsi kustomisasi pada perwajahan karakter dan setting statistic untuk beberapa attribute dan skill.
Apakah Warband melulu berisi kelemahan? Tidak juga. Game ini justru bersinar cemerlang pada sektor yang paling penting, yakni game play. Harus diakui, game ini sulit dan sangat tidak bersahabat bagi pemula. Anda akan bisa langsung merasakannya saat harus bertempur.

Alih-alih hanya sekedar point & click pada mouse, game ini justru menuntut lebih. Anda harus menggerakkan mouse, baik untuk menyerang atau bertahan dari serangan musuh. Butuh waktu cukup lama untuk terbiasa dengan sistem ini.
Kesabaran juga dituntut untuk bisa menyelami permainan dalam Warband. Game playnya sangat dalam dan begitu kompleks. Dalam game ini, Anda bisa membangun karakter menjadi seorang Lord di tanah Calradia. Proses membangun kekuasaan disajikan secara sangat berliku, dimana Anda bisa angkat reputasi melalui jalur politik, ekonomi, peperangan hingga pernikahan. Tentu untuk mencapainya, Anda harus memliki pasukan yang cukup kuat. Mount & Blade memang lebih menyerupai sebuah game hybrid antara game strategy dan RPG. Sayangnya, start awal yang lambat dan sulit seringkali membuat pemain cenderung putus asa, sebelum bisa menikmati "keindahan" game ini. 



SPLINTER CELL: CONVICTION

 
Sekuel terbaru Splinter Cell, Conviction, tampaknya mengalami desain ulang jika dibandingkan dengan seri-seri terdahulu. Banyak hal yang berubah. Anda memang tetap akan bermain sebagai Sam Fisher, namun misi kini menjadi lebih personal. Kematian misterius putri tercintanya, Sarah, membuat Sam sedih dan berang, Sam yang berusaha melacak jejak sang pembunuh mendapati kenyataan tak terduga, Sarah kemungkinan masih hidup, tetapi suatu konspirasi besar yang melibatkan tokoh berkuasa berada di baliknya. Sam harus mengungkap misteri tersebut dengan nyawa Sarah sebagai taruhannya.

Splinter Cell selama ini dikenal sebagai game yang fokus pada stealth-action. Conviction pun bukan pengecualian. Hanya saja porsi stealth-action di sekuel terbaru ini direduksi menjadi lebih sederhana. Terdeteksi oleh musuh misalnya, bukan akhir segalanya. Dengan fitur Last known Position, terdeteksinya musuh justru malah memberi kesempatan bagi Sam untuk menyergap mereka dari arah berbeda, atau sekedar menyelinap dan melarikan diri.

Fitur lain yang menarik sekaligus memudahkan adalah Mark & Execute. Sebuah fitur dimana Sam dapat menembak beberapa musuh, sekaligus secara instan dan 100% akurat. Namun, demi keseimbangan permainan, fitur Mark & Execute hanya bisa diaktifkan apabila Sam telah melakukan eksekusi terhadap musuh secara hand-to-hand combat.

Aspek kemudahan semakin terasa dengan banyaknya "tutorial" yang menempel langsung pada elemen lingkungan. Contoh paling gamblang adalah sistem cover terbarunya. Sam dapat berpindah dari tempat perlindungan satu ke yang lain dengan sangat mudah, semudah menekan satu tombol saja. Terlebih, grafik pun seolah mendukung dengan adanya perubahan warna dari hitam-putih jika Sam dalam posisi terlindung, atau berada dalam kegelapan menjadi berwarna saat ia dapat terlihat oleh musuh atau di bawah penerangan. Singkatnya, Splinter Cell kini menjadi lebih "user-friendly" dibandiag sebelumnya. Conviction sangat cocok dimainkan oleh para pemula untuk seri ini.


METRO 2033

METRO 2033

Demi menyelamatkan stasiunnya, Artyom tak hanya harus menghadapi makhluk mutan tapi juga sesamanya, manusia!
Metro 2033 berkisah tentang suatu dunia yang hancur akibat nuklir. Akibat radiasi, bermunculan makhluk-makhiuk mutan. Udara yang beracun juga menjadi masalah tersendiri di sini. Dalam permainan, Artyom harus selalu mengenakan gas-mask bila berada di permukaan. Gas-mask bisa rusak akibat pertempuran. Selain itu, filternya pun harus diganti setiap beberapa waktu. Ini menciptakan kesulitan tersendiri. Namun, game ini mengasyikkan untuk diikuti, tak ubahnya sebuah novel interaktif. Akhir kata, selamat bermain.
PROLOGUE P.I. Prologue
Sesi ini berupa mode training. Ikuti rekan Anda, bantu dia menghabisi beberapa mutan (Nosalies) hingga sampai di permukaan. Tembak Nosalises yang mendekat. Artyom terjatuh. FMV.

P.2. Hunter
Ikuti Alexei. FMV. Ambil foto dari Hun¬ter. Setelah alarm, ambil pistol di lemari yang dibuka Alexei. Tembak semua Nosalies yang datang dari ventilasi. FMV.


CHAPTER 1: "LET THE JOURNEY BEGIN"

1.1. Exhibition

Ambil item di meja, keluar. Ikuti petunjuk kompas map (tekan tombol M). Temui penjaga loker dan terima senjata dan item darinya. Temui Boris. FMV.

1.2. Chase
Setelah beberapa lama di Cart (kereta), seluruh rekan Anda pingsan dan para Nosalies menyerbu. Tembak Nosalies yang memanjat kereta. Setelah beberapa saat, ambil shotgun yang diberikan rekan Anda. Tembaki lagi yang berhasil naik ke Cart. FMV. Artyom terjatuh. Begitu

bisa berdiri, lari secepatnya mengejar Cart. FMV.
CHAPTER 2: "BOURBON"

2.1. Riga
FMV. Berdiri dan ambil ammo di meja. Keluar dari bar, ikuti alur, temui anak kecil. Berikan satu ammo dan ikuti dia. Sempatkan untuk mengambil ammo di sana-sini, terutama dekat lilin. Temui Bourbon. Duduk di kursi dan dengarkan dia. Setelah berbincang, ikuti Bourbon.

2.2. Lost Tunnel
Ikuti Bourbon. Jarah  mayat yang dijumpai. Hindari "alarm" kaleng. Ambil throwing knife di meja. Sembunyi dan. biarkan Bourbon menghabisi pemabuk. Mengendap masuki pintu. Habisi para bandit di sini. Setelah beres, ambil ammo di tubuh mereka dan tuju pintu. Masuklah.



2.2. Bridge
Ikuti Bourbon. Loncat ke platform seberang. Ikuti Bourbon. Habisi semua Nosalies. Merunduk dan sembunyi untuk menghindari patroli Hanza. Jelajah gerbong, lalu ikuti Bourbon. Turuni tangga, ikuti dia. Lari secepatnya menghindari serbuan para Nosalies. Loncati kabel perangkap dan ikuti alur.

2.3. lost Catacombs
jarah semua mayat dan secepatnya dekati Bourbon. Usahakan selalu di dekat Bourbon, baik pada kondisi real maupun saat halusinasi. FMV. Setelah aman, masuki terowongan. Jarah mayat. Ikuti Bourbon. Sesampai di depan gerbang besi, bersiap hadapi serbuan para Nosalises. FMV.

2.4. Market
Ikuti Bourbon. Tunggu ia kembali dan ikuti dia. Ambil high grade ammo dari Bourbon dan beli filter di market. Sempatkan untuk mem beli senjata yang lebih baik, jika memungkinkan. Temui Bourbon. FMV.

2.5. Dead City 1
Ikuti Bourbon. Sembunyi saat muncul Demon (mutan bersayap). Ikuti Bour¬bon. Artyom tak bisa meloncati mobil, dan terjatuh. Ambit jalur ke atas, tuju bangunan seberang melalui jembatan papan. Masuki bangunan, jarah mayat. Tembak Nosalies, lalu ikuti alur dan naiki tangga demi tangga. Ikuti alur, tembak para Nosalies yang datang, dan keluar melalui dinding runtuh. Ikuti alur hingga Artyom menjumpai taman bermain dan mendapat halusinasi. Turun ke bawah, akses kontainer dan jarah mayat. Masuki bangunan. Jarah mayat. Ikuti alur. Hadapi banyak Nosa¬lies (lebih baik Anda pancing mereka datang ke lokasi yang menguntungkan Anda). Keluar melalui jendela hancur di pojok, ikuti alur. Seberangi sungai menuju runtuhan yang membentuk goa. Saat hendak keluar, Anda akan bertemu Demon. Tembak dia untuk mengusirnya, lalu lari secepatnya atau habisi Demon dengan berlindung di gua tadi. Jarah mayat yang dimakan Demon, tuju sisi kanan, dan masuki bangunan. Tuju kanan dulu. Hindari kabel perangkap dan masuki ruangan. Ambil semua item dan ammo di meja. Keluar menuju tem¬pat semula dan masuki lorong satunya. Turuni tangga.



2.6. Dead City 2
Ikuti alur dan seberangi dua sungai beracun. Jarah mayat yang ditemui, ikuti alur. Temui Bourbon di sisi kanan. Jarah mayat. Ikuti Bourbon. FMV. Hadapi serbuan para Nosalies. Setelah serangan seekor Demon, segera lari ke arah pagar yang kini terbuka karena tertabrak. Lari ke pojok dan raih jendelanya. FMV.
CHAPTER 3: "KHAN"

3.1. Dry
Ikuti Bourbon. FMV. Bourbon tertangkap. Balik ke lorong dan ambil AK-47 yang di dinding. Jarah tas Boubon. Buka ventilasi, bidik bandit yang patroli. Turun dan habisi semua bandit yang ada termasuk yang di balkon. Masuki area berikut dengan ruangan yang berkerangkeng. Habisi semua musuh di sini. Tuju pintu. FMV. Bourbon tewas, jarah semua ammo di tubuh musuh, lalu ikuti Khan. FMV.

3.2. Ghosts
Ikuti Khan, dan pastikan tetap berada di belakangnya. Ikuti Khan, hingga ia berhenti di depan pintu. Siapkan senjata dan buka pintu. Tembak para Nosalises yang akan menyerang. Masuk, jarah mayat, dan ikuti Khan.

3.3. Anomaly
Ikuti Khan. Hindari Anomaly dan diam hingga ia pergi. Ikuti Khan. Jarah mayat yang ditemui. Setelah Khan berpindah jalur rel, bersiaplah dengan senjata Anda. Hadapi serbuan para Nosalises, lalu menyingkir saat Anomaly datang. Ikuti Khan, lalu akses tram-car.

3 A Cursed
Ikuti Khan menuju para penghuni Cursed Station. Nosalises akan menyerbu secara bergelombang. Khan akan meminta Artyom melakukan dua hal. Pertama, maju lurus lalu belok dan naiki tangga kanan. Tembak Nosalises. Jarah mayat dan ambil dinamit. Tempatkan dinamit pada lokasi yang ditandai. Lari kembali ke Khan dan kawan-kawan. Kedua, maju lurus hingga bertemu lubang di tembok. jangan masuk ke sana, tapi tuju kanan. Belok kiri, habisi beberapa Nosalises, lalu ambil bom dekat mayat. Keluar, lewati lubang tembok tadi dan turun ke rel. Ikuti rel hingga ke ujung dan tempatkan bom pada lokasi yang ditentukan. Setelah men-fngger-nya, lari cepat ke arah Khan. Catatan: selama Anda menuju kedua tempat tersebut, jika serbuan Nosalises terlalu banyak, jangan sungkan untuk berlari ke arah Khan dan kawan-kawan. Setelah beres, bicara dengan Khan.

3.5. Armory
Ikuti Khan, masuki lubang dinding. Turun ke pintu rahasia yang dibuka Khan. Masuki ventilasi, ikuti alurnya. Turun dan ikuti rel. Setelah disapa, masuklah ke stasiun. Ikuti alur. Ikuti suara percakapan hingga bertemu tahanan yang diinterogasi. FMV. Ikuti tahanan yang kabur. Lakukan apa yang dia lakukan dan tetap di belakangnya. Saat sang tahanan terhadang dan ditembak musuh, lari dan naiki tangga kiri. Ikuti alurnya. FMV. Artyom akan ditolong oleh Andrew the Smith. Ikuti Andrew hingga bertemu tram-car. Jangan dulu naiki tram, belilah Armor Suit atau Stealth Suit dan sempatkari pula untuk membeli senjata VSV+Scope di merchant. Ttuju tram-car. Turun ke bawah, lalu naik ke bagasinya. FMV.



CHAPTER 4:" WAR"

4.1. Frontline
FMV. Setelah terjatuh, ikuti rel menuju ke belakang. Habisi dua musuh. Ambil Night Vision Google di kotak di dinding. Selanjutnya, kembali susuri rel ke depan. Bidik dan habisi semua musuh yang ada. Turuni tangga di sisi kiri rel. Tembak 2 musuh. Ikuti alur menuju platform kiri. Tembak semua musuh yang nampak. Selanjutnya, ke kiri dan naiki tangga. Habisi semua musuh, lalu bergerak maju. Sembari berlindung, bereskan semua musuh yang menghadang. Jarah semua musuh yang tewas. Setelah sampai di terowongan, siapkan dinamit, dan ma¬suki terowongan. Lemparkan dinamit ke tram-car bersenjata machine gun. Begitu aman, segera tuju ke ujung terowongan. Tembak musuh dan buka pintu kiri. Ambil ammo di ruangan ini. Buka pintu berikutnya. FMV.

4.2. Trolley Combat
Setelah FMV, ikuti Pavel, dan naik ke Ar-mored-car. Setelah melewati pos, bersiap hadapi serbuan musuh. Hancurkan 2 ar-mored-car yang mengejar. Habisi musuh di lobby kiri stasiun. Hancurkan armored car yang datang dari belakang. Tembaki penghalang di depan. Saat armored car Anda berjalan, tembaki semua musuh di depan, dan hancurkan lagi 2 armored car musuh yang mengejar, hingga jalan kembali tertutup. Hancurkan penghalang jalan. Armored car terhenti. Saat mulai berjalan lagi, tembaki tiang penyangga platform seberang. Setelah armored car berhenti, ikuti Pavel, dan bukakan pintu untuknya.

4.3. Depot
Tetap di tram-car dan menunduk cepat saat ada rintangan. Tembak musuh di depan, berlindung saat melewati lobby stasiun. Tram car Anda akan meluncur hingga mencapai depot, dengan gerbong kereta di kanan dan kiri. Siapkan senjata dan hadapi serbuan banyak Nosalises di sini. FMV. Pavel tewas! Tram car berjalan tanpa kendali. Tembak Nosalises yang tersisa di tram-car, kemudian merunduk dan berlindung. FMV. Keluar dari tram-car dan ikuti alur. Masuki patahan pipa besar, dan tuju sisi kiri. Ikuti alurnya.



4.4. Defense
Temui beberapa orang di sini, lalu temui sang komandan. Ambil ammo di peti kiri. Bersiap menghadapi serbuan para Nosalises dan habisi mereka. Setelah aman, temui sang komandan yang sekarat, ambil kaset di tangannya. Masuki "pintu" di sebelahnya. Ikuti alur dan tembak Nosalises mini (Lurker) di sepanjang jalan. Manfaatkan kompas {tekan M) untuk mengetahui arah yang dituju. Setelah sampai di rel berikutnya, turun ke rel, dan tuju lurus melewati beberapa barikade. Tuju pintu. FMV.

4.5. Child
Bicara dengan seorang anak, ikuti alur dan tembaki semua Lurker yang menyerang. Kontrol senjata akan lebih sulit karena Artyomn menggendong sang anak. Lurker akan selalu muncul dari setiap lubang di tanah. Jangan bertahan karena mereka tak akan habis. Tetap berjalan sembari menembaki Lurker. Masuki terowongan berwana hijau, selanjutnya naiki rangkaian papan, dan mendakilah ke atas. Loncat ke papan di tepi tebing. FMV. Lakukan jual-beli. Sebaiknya, beli VSV + Scope. Temui NPC dan keluar melalui gerbang yang dibukanya.

4.6. Outpost
Keluar. Pakai gas-mask. Habisi 5 patroli musuh. Naiki undakan dari mana mereka datang dan habisi musuh di platform atas. Ikuti alur untuk menuju atap. Habisi 2 musuh yang berjaga. Ambil ammo di ruang samping. Bidik sniper di gedung kiri. Lari menuju ke sana. Tembak musuh di rongga dinding dan masuklah ke dalam. Habisi beberapa musuh di dalam dan ikuti alur. Tuju pintu kiri, naiki undakan. Loncat ke platform atas. Tembak 2 musuh dan seorang lagi yang muncul. Habisi semua musuh di bawah. Turuni undakan. Loncat ke lubang di lantai. Ikuti alur dan habisi semua musuh. Keluar, lewati bangkai-bangkai mobil. Tembak semua musuh yang patroli atau lari secepatnya menuju pintu stasiun bawah tanah.
4.7. Black Station
Setelah FMV, tuju kanan, hindari alarm kaleng. Tembak 2 musuh. Tuju sisi kiri. Tembak seorang musuh. Tuju kanan, tembak 2 musuh. Ikuti alur, habisi mu¬suh di bawah. Turuni tangga dan habisi musuh yang tersisa. Ambil semua amunisi. Naiki tangga satunya, ikuti alur dan habisi semua musuh. Tuju pintu di kiri dan loncat turun ke trap-door di lantai. Ikuti terowongan sembari hindari jebakan kayu berduri. Naiki tangga. FMV.

CHAPTER 5: "HOPE"

5.1. Polls
Setelah FMV, ikuti Ulman. Bicara dengan Krasnov. Anda berada di Polis. Ini tempat terakhir Artyom bisa jual-beli. Manfaatkan sebaik-baiknya untuk membeli sen¬jata yang lebih bisa diandalkan, seperti Kalashinkov 2012 (dengan scope) yang lebih stabil. Setelah itu, temui Miller yang telah berada di samping pintu. FMV. Catatan: Polis tidak menjual filter!

5.2. Alley
Keluar, pakai gas mask, jika filter gas-mask Anda kritis, secepatnya susuri dinding kiri. Bidik Nosalises di atas batu dengan Kalashnikov 2012. Sekali tembakan di kepala, ia akan tewas. Selanjut¬nya, lari dan turun ke tepian sungai. Lari susuri tepian sungai dan segera masuk ke lubang, sebelum Demon mencapai Anda. Masuki lorong, merunduk lewati penghalang dan turun ke bawah. Tuju kanan dulu untuk mengambil ammo, lalu berbalik ke kiri. Gunakan pisau un¬tuk menghancurkan stalagnit es. Keluar dan naiki undakan papan di kanan, lalu secepatnya lari ke pojok kiri, sebelum dinding di depan runtuh. Setelah aman, lewati runtuhan dan lari susuri bangunan untuk bertemu 2 Ranger di depan pintu. Ambil filter di mayat dekat situ. Masuki pintu.



5.3. Library
Begitu masuk, segera ambil filter di mayat. Masuki pintu kedua, Demon akan menyerang, dan rekan Anda akan menahan pintu. Segera naiki tangga, tuju sisi kanan, ambil filter, dan putari ruangan hingga sampai di ujung sisi kiri. Jarah mayat dan masuki lubang dinding di depannya. Dorong pintu rusak dan bidik papan penahan pintu samping, lewat ceiah pada pintu rusak ini. Tunggu kedua Ranger membukakan pintu. Ikuti mereka. Setelah Demon berusaha masuk lewat jendela, tuju pintu rusak di kiri. Gunakan shotgun dan hancurkan pintu itu. Masuki ruangan, jarah mayat dan masuki lubang dinding. Bidik rantai penahan lampu gantung. Setelah 2 Ranger berhasil masuk, jarah mayat, lalu naiki tangga. Abaikan kedua Ranger dan segera naiki tangga kanan, masuki pintu. Tuju kiri lorong dan masuki pintu di pojok kanan.

5.4. Depository
Untuk chapter ini, sebaiknya simpan senjata dan keluarkan kompas. Turun ke-bawah, dan lari secepatnya menghindari monster kera sembari membuka semua pintu dengan cepat hingga tiba di WC dengan mayat, Ikuti alur, setelah monster Librarian menyerang dari lubang dinding, masuki lubang sebelahnya. Ikuti alur dan naiki tangga, Di lantai dua, hindari lu¬bang di lantai agar tak terperosok jatuh, dan segera masuki lubang di dinding. Buka pintu terali dan kembali lari hindari monster kera sembari menghindar agar tak terjatuh ke lubang. Segera masuki lift. FMV. Setelah lift jatuh, keluar dari lift, dan lari sekencangnya ke pintu se¬berang ruangan, sebelum sang monster mengejar. FMV.

5.5. Archives
Lepaskan gas-mask dan kembali andalkan kompas. Secepatnya lari menghindari monster Librarian dan segera loncat ke dalam lubang dengan tangga. Secepatnya loncat turun antartangga, sebelum tangga itu roboh. Masuki pintu kanan. Turun ke bawah. Lari secepatnya dari kejaran monster dan naiki tangga. Loncat ke sisi tembok samping pipa besar, masuki pintu/lubang ventilasi. Ikuti alurnya, lalu loncat turun. Turuni tangga dan loncat ke lantai. Seekor monster tidur di pojok, jadi lari secepatnya dan temukan tangga. Naiki tangga, ikuti alur dan tuju kiri. Loncati gap antarpapan dan masuki pintu. Turuni tangga. Secepatnya lewati monster yang tidur, lalu naiki tangga lagi. Hindari lubang agar tidak terjatuh dan segera tuju pintu dengan lampu di atasnya. FMV.

5.6. Driving to Sparta
Setelah FMV, bicara dengan Vladimir. Ambil senjata yang Anda inginkan dan amunisi. Naiki tangga dan temui Khan, setelah itu temui Miller. FMV.

CHAPTER 6: "06"

6.1. Dark Star
Setelah FMV, segera gunakan senapan penyembur api. Semburkan api saat para Nosalises menyerbu. Jika api habis, gunakan senjata Anda. FMV.



6.2. Dungeon
Ikuti tim. Saat Miller menyuruh menarik breaker, tarik breaker di dinding kanan pintu. Masuki gerbang yang terbuka. Ikuti tim. Sepanjang perjalanan, Anda akan diserbu Nosalises dalam tiga gelombang serangan. Lindungi Vladimir. Menjelang akhir, seorang rekan tewas. Ambil ammo di tubuhnya dan ikuti tim.

6.3. Cave
FMV. Saat pintu terbuka, pasang gasmask. Turuni tangga, dan ikuti tim. Habisi semua Nosalises. Ikuti tim.

Tunggu pintu terbuka. Merunduk untuk memasukinya. Artyom kini sendirian. Di dalam, buka gas-mask dan nyalakan flash-light karena monster di sini takut cahaya. Habisi monster bermata merah. Tuju pintu, ambil ammo di peti. Ikuti alur. Turuni tangga ke lubang. Masuki terowongan di kiri. Setelah tembok dijebol monster, masuki lubangnya. Ikuti alur mendaki. Di luar, habisi seekor monster mata merah lagi, lalu ikuti plat¬form yang ada. Tarik breaker pembuka pintu. Keluar dan temui tim. FMV. Masuk ke kereta.

6.4. D6
Setelah FMV, pasang gas-mask, dan ambil filter yang diberikan rekan Anda. Keluar, ikuti Miller hingga sampai di ruang kontrol. Miller menyuruh Artyom menyalakan mesin. Buka pintu, naiki tangga. Buka ke empat pintu sliding mesin. Perhatikan nomornya, lalu tekan dan tahan tombol merah di mesin, sesuai instruksi yang disebutkan Miller. Setelah beres, naiki tangga dan temui Miller. Lepas gas-mask, dan ikuti Miller menuruni tangga dan naik ke Cart. FMV. Turun di sector A. Akses kereta (cart) untuk menghidupkannya dan membuatnya menabrak gerbang. Masuki gerbang yang terbuka. Ikuti tim hingga ke ruang kon¬trol berikut. Setelah lampu padam, ikuti Miller. Tembak Amoeba. Ikuti Miller, dan lindungi dia. Tembak Amoeba dan hancurkan inangnya. Naiki lift. FMV.

6.5. Bio Mass
Ikuti Miller. Lindungi dia dari serangan
Amoeba. Pastikan untuk menghancurkan inangnya, Panjat tangga ke atas. Setelah FMV, tekan tombol merah dan keluar melalui pintu. Turuni tangga dan tuju tangga di seberang. Panjat tangga itu, lalu panjat tangga lagi. Susuri platform dan buka pintu crane. Di dalam crane, perhatikan layar navigasi. Arahkan crane ke t iga bulatan di layar. Setelah cerdengar "Contact Zone Reach", turunkan crane. Lakukan hal sama untuk kedua bulatan berikutnya. Setelah beres, keluar dari crane dan tuju Miller. Ikuti Miller dan naiki lift.
6.6. Separation
Ikuti Miller, ambil ammo dan senjata di peti. Ambil Guidance system. Naik ke kereta dan temui Miller. FMV.

CHAPTER 7: "TOWER" 

7.1. Tower
Sesi inilah adalah lajutan prologue. Tembaki semua Nosalises. FMV. Setelah ditolong Miller, ikuti dia. Tembak semua Nosalises sepanjang jalan hingga bertemu bangunan struktur kayu. Ambil ammo di salah satu ruangannya. Bergerak dengan cepat agar kondisi filter gas-mask tidak kritis. Tunggu Miller membuka pintu dan masuklah. FMV.

7.2. Top
Setelah FMV, ikuti alur mengelilingi tower sembari menghindari serangan Demon. Tak perlu menembakinya, rekan Anda yang akan melakukannya. Aktifkan kompas dan ikuti alur, naiki undakan ke atas, dan kembali kelilingi runtuhan tower menuju keatas. Naiki tangga rusak, ikuti alur hingga sampai ke tempat Miller. Kali ini, siapkan senjata Anda. Setelah beberapa saat, sang Demon akan menyerang Miller. Segera tembaki Demon itu hingga tewas. Kembali naiki tower melalui runtuhan. Loncat antar-platform dan panjat tangga. Bersiap untuk selalu menekan tombol £ jika di-minta. Masuki pintu dan kembali bersiap tekan tombol E karena anak tangga akan hancur. Selanjutnya, panjat tangga. Sampai di atas, segera tuju tiang horisontal untuk menempatkan Guidance system. Saat Artyom memasuki ilusi, titi platform yang terbentuk dan buka pintunya, tapi jangan masuk. Titi hingga ke empat arah, Pintu terakhir akan mengakhiri chapter ini.

7.3. Ethereal
Tugas Anda adalah menghindari alien bertangan panjang. Hindari mereka. Jika jalan tampak buntu, mondar-mandirlah dan jalan akan muncul. Di sekuen kedua, Anda akan berputar-putar di satu tempat. Berputarlah berlawanan jarum jam dan alur akan terbuka. Pada sekuen ketiga, ikuti platform, loncat antar-platform, ikuti platform yang terbentuk. Lurus terus, lalu belok kanan pada percabangan. Di alur ini, platform tak terbentuk sem-purna. Loncat antar-platform hingga platform kembali terbentuk sempurna. Pada percabangan berikut, ambil kiri. Lari terus. Hingga Anda bertemu seseorang yang memberi Artyom sebuah pistol. Tembaki Alien yang mendekat hingga ia tewas. 
Copyright © Games Populer. All rights reserved.