Saturday, September 8, 2018

Wanita Pemain Gim Profesional , Buat Gim Jadi Pundi Uang

Bermain gim jadi keseharian Monica Carolina (27). Biasanya, ia menghabiskan waktu berjam-jam untuk bermain gim. Pemain gim profesional ini juga mengasuh tim pemain gim wanita NXA Ladies. Lewat tim ini, ia membuktikan wanita juga bisa berprestasi dan menghasilkan dengan bermain gim.

Sejak kecil, wanita yang akrab disapa Nixia ini hobi main gim. Namun baru diseriusi tahun 2009. Kala itu, ia memenangi turnamen gim Guitar Hero. "Iseng-iseng ikut, malah juara 1 akhirnya karena percaya diri, latihan terus dan ikutturnamen-turnamen lagi," cerita Monica ketika Bintang berkunjung ke apartemennya di Jakarta, pekan lalu.

Di tahun yang sama, Monica lulus SMK dan memasuki dunia kerja. Pekerjaannya masih seputar dunia gim, salah satunya dengan menulis berbagai ulasan. Monica pernah bekerja di tempat produksi gim sampai toko laptop. "Intinya, semuanya ada hubungan dengan gim dan komputer," ucap wanita yang hobi bermain gim bertema senjata (FPS) ini.

Sembari bekerja, Monica tetap rutin berlatih main gim dan mencetak prestasi lewat turnamen. Uang dari kerja kerasnya disisihkan untuk memperbarui perangkat bermain gim. "Aku enggak pernah meminta ke.orangtua, aku menabung sendiri. Karena itu hasil usaha sendiri,  orang tua juga ikut mendukung," ungkap wanita yang banyak menjuarai turnamen ini. Terinspirasi dari pemain gim dunia berjuluk Fatality, Monica membuat situs seputar dunia gim, Nixiagamer.com dan membentuk tim NXA Ladies di tahun 2011.

MEMBER DAYAKAN PEMAIN GIM WANITA

Monica punya misi khusus mendirikan NXA Ladies, la Ingin merekrut pemain gim wanita yang kerap diremehkan namun sebenarnya punya potensi. "Biasanya cewek itu malu-malu, main gim tapi diam (tidak ada yang tahu). Kalau ikut turnamen, enggak percaya diri, enggak ada teman," beri tahu dia.

Langkah Monica semakin mantap setelah mendapatkan sponsor dari beberapa perusahan teknologi di tahun 2013. Monica menuturkan, ia kini memperoleh sekitar 8 ribu dolar per 3 bulan dari sponsor. Berbekal dari uang dan barang dari pihak sponsor, Monica memfasilitasi anggota NXA Ladies.

Mulai dari seragam, beberapa perangkat teknologi, hingga gaji diperoleh anggota NXA Ladies, la pun memutuskan berhenti bekerja di tahun 2014 demi fokus mengasuh NXA Ladies.

Di awal NXA Ladies eksis, ada yang memandang sebelah mata. Apalagi, ketika melihat seragam NXA Ladies. "Dulu sempatada yang bilang girlband atau apalah.Tapi karena tim NXA berprestasi dan juga tim cewek mulai main gim macam-macam, di situ orang mulai menganggap biasa. Oh, bisa juga ternyata cewek main gim, bisa juga cewek juara," ujar dia.

Kini, anggota aktif NXA Ladies terdiri dari 10-12 orang. Mereka terbagi ke dalam beberapa divisi sesuai jenis gim yang dimainkan. Agenda rutinnya, mengasah kekompakan dengan main gim bersama, hingga ikut turnamen. Monica juga membuka pintu selebar-lebarnya bagi yang ingin bergabung. Dengan syarat, menguasai dan bisa menjaga kekompakan.

PUNDI UANG DARI GIM

Berbagi waktu mengasuh tim dan berlatih main gim, Monica juga sibuk melakukan live streaming ketika" bermain gim. Ini jadi salah satu ladang penghasilan Monica, la mencontohkan pemain gim yang belum terkenal bisa mendapat gaji awal hingga 2 juta rupiah, cukup dengan live streaming 3 jam per hari. Menurutnya, banyak cara mendapatkan uang dari gim. Mulai dari membuat konten di YouTube, menjadi komentatorgim sampai mengikuti turnamen.

"Banyak profesrdi dunia gim. Kita harus bisa menilai diri sendiri dan mencari tahu jago di bagian apa," imbuh wanita yang tengah bekerja sama dengan salah satu aplikasi live streaming ini. Monica mengingatkan bagi yang ingin terjun di dunia gim, wajib mengembangkan keahlian terlebih dulu. "Kembangkan keahlian dulu dan berprestasi. Ketika sudah berprestasi, itu bisa menjadi profesi utama," pesan dia.

No comments:

Post a Comment